Sunday, January 23, 2011

10 Prajurit Terhebat Dalam Sejarah

Sejarah peradaban dunia sangat panjang,
Dan Peperangan tidak akan pernah lepas darinya.
Sekelompok manusia akan bertarung demi apa yang mereka yakini,
Tanpa mengenal rasa takut, terjun dalam medan pertempuran, sewaktu-waktu kepala mereka bisa melayang tanpa mereka sadari.
Mereka yang menanamkan jiwa pada pedangnya,
Dan Orang-orang luar biasa itu kini tercatat dalam sejarah...


10. William Wallace

Seorang ksatria Skotlandia dan seorang patriot sejati, memiliki keinginan kuat untuk perdamaian dan kebebasan. Ia menebarkan terror pada pasukan inggris dan melawan tirani Raja Edward I. Wallace mulai diperhitungkan oleh kerajaan inggris sejak kemenangannya atas pasukan Inggris dalam battle of Stirling Bridge. Sejak saat itu ia disebut Guardian Skotlandia. Sebagai seorang patriot sejati, ia berjuang demi kebebasan bangsanya sampai kekalahannya dalam battle of falkirk. Beberapa tahun kemudian Wallace ditangkap di Robroyston dan diserahkan kepada Raja Edward I. Wallace kemudian dibawa ke Westminster Hall untuk dieksekusi. Ia dieksekusi atas tuduhan penghianatan pada raja Edward dan diberikan ‘gelar raja penjahat’. Wallace menanggapi tuduhan itu dengan tegas, “ Saya tidak pernah menghianati Edward, sejak awal saya tidak pernah tunduk kepadanya.” Dengan ini Wallace menyatakan bahwa ia tidak mengakui Edward sebagai rajanya. Ia kemudian digantung, dicekik, ditarik dan dipotong-potong. Sebelum dipenggal, ia dikebiri, dan tubuhnya kemudian dipotong menjadi empat bagian. Kepalanya diawetkan dan ditempatkan pada sebuah tombak di atas London Bridge.

9. Richard I (The Lion Heart)
Dijuluki Si Hati Singa karena keberaniannya dan kemampuannya yang luar biasa dalam pertarungan. Richard menjadi raja inggris ketika mengalahkan ayahnya sendiri, Henry II, berkat kerja sama dari Raja Prancis, Phillip II pada tahun 1189. Richard  terkenal sebagai salah satu tokoh dalam Perang Salib di mana salah satu keberhasilannya dalam perang tersebut adalah merebut Siprus untuk mendukung pasukan Perang Salib. Ia menandatangani perjanjian damai dengan saladin dan kembali ke Eropa setelah menyadari bahwa tidak ada lagi yang dapat ia lakukan untuk mempertahankan kota yerusalem.


8. Spartacus
 
ia adalah salah satu tokoh yang paling terkenal di masa pendudukan kekaisaran Roma, ia adalah budak yang sering diperlakukan sebagai objek pertarungan gladiator. Tapi karena kemampunya dalam bertarung dan pemikiranya yang cerdas, iapun berhasil menghimpun massa untuk melakukan pemberontakan pada kekaisaran Romawi. Spartacus dan pasukannya mulai mendatangkan malapetaka di Italia selatan, mengalahkan dua tentara Romawi dan menjarah setiap kota yang mereka temukan. Pasukannya terus bertambah seiring dengan banyaknya kota dan wilayah yang mereka jarah. Dalam perjalanannya ke Gaul untuk membebaskan teman-teman lamanya, Spartacus berpisah dengan separuh pasukannya, karena mereka lebih memilih untuk kembali menjarah italia. Spartacus tewas dalam pertempuran di Lucania pada 71 SM, dan semua pasukannya di salib. Dia telah dikenang sebagai seorang komandan legendaris yang tidak hanya karena keberhasilan dalam pertempuran, tetapi juga karena keberanian dan belas kasihnya.


7. Saladin
Saladin Dikenal Timur Tengah sebagai pahlawan yang mengembalikan Yerusalem kepada kaum muslim. Saladin dibesarkan  selama Perang Salib Pertama dan  dilatih sebagai tentara oleh pamannya, Asad al-Din Shirkuh. Saladin berhasil merebut yerusalem setelah menaklukan Raja Guy de Lusignan dan menyapu rata pasukan salib pada Pertempuran Hattin. Pada perang salib ke III, ia menandatangani perjanjian damai dengan Richard I agar menyerahkan yerusalem ke tangan kaum muslim, dan memastikan seluruh penduduk yerusalem kembali ke Eropa dengan selamat di sepanjang perjalanannya. Saladin terkenal di dunia Muslim dan Kristen karena kepemimpinan, kekuatan militer, dan sifatnya yang kesatria dan pengampun pada saat ia berperang melawan tentara salib.


6. Miyamoto Musashi
Dikenal sebagai samurai terhebat yang pernah ada. Lahir tahun 1584 di Provinsi Harima, Musashi dibesarkan oleh pamannya di candi Shoreian. Pada saat ia berusia 13 tahun ia sudah memenangkan duel pertamanya melawan Arima Kigei, seorang siswa dari sekolah Ryu Shinto seni militer. Pertarungannya yang paling terkenal adalah duel mautnya melawan Sasaki Kojiro. Musashi terdaftar di pasukan Toyotomi Hideyoshi dalam perang sekigahara dan berhasil bertahan hidup setelah pihaknya mengalami kekalahan. Setelah perang, ia mengalihkan perhatian untuk mengajarkan ilmu berpedang. Selama karir mengajarnya, Musashi dikenal sebagai pencipta seni nitoryu, dimana ia menggunakan katana dan wakizahi di kedua tangannya. Musashi meninggal karena kanker toraks di Gua Reigandō. Selama hidupnya, Miyamoto Musashi telah mengalami 60 duel dan tidak pernah kalah


5. Julius Caesar

Julis Caesar,  jenderal terbesar kekaisaran Romawi. Dikenal sebagai pemimpin paling diktator didunia, dan orang yang sangat berbahaya bagi lawan-lawannya. Ia menjadi kaisar romawi di tahun 59 SM. Di masa pemerintahanya, ia telah meluaskan pengaruh kekaisaran Romawi ke hampir seluruh Eropa, sebagian Afrika, dan sebagian asia barat. Julius Cesar meninggal dunia pada 15 Maret 44 SM akibat ditusuk hingga mati oleh tangan kanannya, Marcus Junius Brutus.


4. Hannibal barca
Hannibal adalah seorang ahli strategi yang mengembangkan taktik Outflanking. Dijuluki ayah dari strategi oleh sejarawan militer Theodore Ayrault Dodge, ia dibesarkan dalam kebenciannya yang dalam atas Roma, Setelah kematian kakak iparnya Hasdrubal. Ketika ia berada di wilayah Roma, ia merusak ratusan kota dan meninggalkan malapetaka dalam tiap jejaknya. Beberapa kemenangannya yang terbesar diantaranya pertempuran di Trebia, Danau Trasimenus dan Cannae, ia bahkan memanfaatkan beberapa kota di roma untuk melawan musuh-musuhnya.



3. Genghis khan

Dilahirkan dengan nama Temujin pada tahun 1162, anak sulung dari Yesugei. Pada saat dewasa, Temujin menghimpun pasukannya sendiri dengan mengumpulkan banyak prajurit berbakat. Bersama-sama dengan saudara angkatnya Jamukha, Temujin berhasil merebut kembali hak kekuasaannya atas sukunya dan juga perserikatan Mongolia yang didirikan ayahnya dahulu. Dengan menghancurkan musuh-musuhnya dan menggabungkan suku-suku dalam perserikatan Mongolia, wilayah kekuasaan temujin semakin besar. Setelah Temujin berhasil menyisihkan musuh-musuhnya dan melaksanakan perintah almarhum ayahnya, untuk membalaskan kematian nenek-moyangnya yang dibunuh oleh kerajaan Jin. Temujin kemudian diangkat menjadi Khan dengan gelar Genghis Khan, yang artinya "Khan dari Segala-galanya". Sejak saat itu Genghis Khan meneruskan invasinya sampai ke timur tengah. Saat itu ia adalah manusia yang paling ditakuti di Asia.


2. Leonidas I
Leonidas adalah raja Sparta ke-17 dari dinasti Agiad. Ia adalah anak dari Raja Anaxandridas II yang dipercayai sebagai keturunan dari Heracles karena kekuatan dan keberaniannya. Leonidas menjadi raja sparta menggantikan Cleomenes I sekitar tahun 488 SM.  Ia menikah dengan anak Cleomenes, Gorgo. Nama Leonidas menjadi yang paling terkenal diantara semua raja Sparta akibat perannya di pertempuran Thermopylae. Dimana 300 orang prajuritnya melawan ribuan tentara Persia.


1. Alexander The Great
 
Dikatakan sebagai jendral terbesar sepanjang sejarah. Penaklukan Alexander telah menjadikan mecadonia sebagai kekaisaran terbesar di dunia.  Karir militernya berawal saat ia berhasil melepaskan Yunani dari cengkeraman Persia. Dari sana ia pindah melalui Suriah, Mesir (di mana ia mendirikan kota Alexandria dan mengunjungi oracle Amon dan menyatakan keilahian-Nya), dan Asia Minor sebelum penaklukan terakhirnya ke India. Dia kemudian kembali ke barat dan mulai membuat persiapan untuk menyerang Saudi tetapi sebelum dia bisa mencapai penaklukan ini, ia jatuh sakit dan meninggal pada bulan Juni 323 SM. Di sepanjang kepemimpinannya, jumlah pasukannya yang meninggal sangat kecil jika dibandingkan dengan seluruh korban yang ia habisi dalam setiap peperangannya.

Related Post



No comments:

Post a Comment